Selasa, 09 Mei 2017

 

ULASAN-1:

What Happens When I Turn My Computer On?

 

Video yang berjudul "What happens when i turn my computer on" ini dibuat oleh Jonathan Molson dengan durasi 6 menit 25 detik. Video ini dibuat pada 17 Mei 2016 dengan jumlah viewers sebanyak 1177 orang. Video ini membahas tentang apa yang terjadi ketika komputer dinyalakan, termasuk apa saja yang terjadi di dalam CPU. Video ini dapat diakses melalui pranala http://youtu.be/C_xxra5HMz0 

Video ini memberikan penjelasan singkat mengenai apa yang terjadi ketika komputer kita dijalankan. Sebelum komputer menjalankan sistem operasi, terjadi proses pada 2 memori utama di CPU, yaitu RAM dan ROM. RAM bertugas sebagai storage sementara yang dapat diakses dengan mudah oleh CPU. Sementara itu, CPU hanya bisa melakukan read pada ROM, namun ROM memiliki sekumpulan instruksi yang berguna untuk melakukan pengecekan sistem. Pengecekan tersebut dilakukan oleh BIOS, dimana BIOS melakukan pengecekan Drive pada sistem, dan kelengkapan hardware untuk proses input dan output. Setelah BIOS melakukan tugasnya, BIOS mengalihkan kontrol proses booting selanjutnya ke sistem operasi yang ada di sistem.
 
Menurut saya, video ini menarik dan mudah dimengerti karena pembicara menjelaskan proses pada awal booting dengan sederhana dan menggunakan permisalan untuk mempermudah viewers. Hanya saja, materi yang disampaikan masih sedikit kurang karena sebetulnya proses selanjutnya adalah proses yang sangat penting bagi berjalannya sistem operasi.


Akun Github pengulas :akhdanbuchou
URL ulasan : http://akhdanbuchou.blogspot.co.id/2017/05/selasa-09-mei-2017-ulasan-1-what.html
URL video : http://youtu.be/C_xxra5HMz0
Video author : Jonathan Molson
Pemetaan : Week03
Revisi Pertama : 9 Mei 2017
Revisi Terakhir : 9 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar